MONITORING DAN EVALUASI TIM SUPERVISI PENANGGULANGAN AIDs KABUPATEN LOMBOK BARAT DI DESA SURANADI

  • Jul 17, 2024
  • Admin Desa Suranadi

Suranadi, Rabu, 03 Juli 2024 Bertempat di Aula Kantor Desa Suranadi Kec. Narmada, Tim Supervisi yang terdiri dari Kabid. P3KL Dinas Kesehatan Kab. Lombok Barat, Kabid. Administrasi Pemerintahan Desa Dinas PMD Kab. Lombok Barat, Kabid. Lembaga Desa dan Kelurahan Dinas PMD Kab. Lombok Barat, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kab. Lombok Barat, Camat Narmada, Kepala Puskesmas Suranadi, Direktur Yayasan INSET NTB.

Mengadakan acara monitoring dan Evaluasi (Monev) Pelaksanaan Peraturan Bupati Lombok Barat Nomor 83 Tahun 2022 tentang prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 pada pasal 6 ayat 5 huruf h dan I terkait Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Penanggulangan HIV-AIDS, Tuberkolosis dan Malaria (ATM) serta Pembentukan Warga Peduli HIV-AIDS (WPA) di Desa.

H. Muhammad Junaidi, SH. Selaku sekretaris KPA komisi Penanggulangan AIDS kab.Lombok Barat menyatakan dalam sambutannya mengatakan acara ini sebagai ajang silaturrahmi dengan pemerintah Desa dan mengevaluasi penanggulangan HIV-AIDS di kawasan Desa Suranadi.

Desa Suranadi merupakan desa kelima yang telah di sambangi oleh tim supervise, dan menghimbau setiap desa membuat peraturan yang bisa membantu pencegahan penularan HIV-AIDS seperti mengarahkan warga yang mau membuat NA atau Catin (calon Pengantin) untuk meminta surat keterangan sehat di Puskesmas sebelum meminta surat NA ke kantor desa, pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid. DPMD Kab. Lombok barat yang mengatakan Dana Desa bisa dianggarkan untuk melakukan pencegahan HIV-AIDS pencegahan stunting dll. Sesuai dengan kebutuhan di Desa masing-masing, tambahnya.

Sementara itu H. Millia Bilkan, selaku Kepala UPT. Puskesmas Suranadi menyatakan telah melakukan beberapa kali skrining kesehatan ketempat-tempat yang di duga menjadi kantong-kantong penyebaran HIV-AIDS bersama dengan petugas dari Desa Suranadi,.

Beliau juga berharap adanya pelatihan untuk kader-kader yang akan membantu tenaga medis melakukan skrining kesehatan pada tempat-tempat yang sudah ditentukan, tutupnya.

Dengan adanya acara ini diharapkan pencegahan penularan HIV/AIDS semakin maksimal di Desa Suranadi dan di Kabupaten Lombok barat.

#PPIDDesaSuranadi