LAUNCHING GERAKAN CEGAH DEMAM BERDARAH DENGAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) SERENTAK DI KANTOR DESA SURANADI

  • Jun 20, 2024
  • Admin Desa Suranadi

Suranadi : Kamis, 20 Juni 2024, Berlokasi di depan kantor Desa Suranadi Camat Narmada mengadakan Launching Program Gerakan Cegah Demam Berdarah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), hadir dalam acara ini Camat Narmada, Kapolsek Narmada, Danramil 1606-08/Narmada, Pejabat Dinas Kesehatan Lombok Barat, Kepala Puskesmas Sekecamatan Narmada, Kepala Desa Sekecamatan Narmada, Kepala Kewilayahan sedesa Suranadi, Semua Ketua RT sedesa Suranadi, Kader Posyandu sedesa suranadi, PKK Desa Suranadi, Babinsa dan Babinkamtibmas Desa Suranadi.

Dalam sambutannya Camat Narmada (Bapak Sumasno) menyampaikan Launching program Gerakan Cegah Demam Berdarah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) diadakan secara serentak di kabupaten Lombok Barat untuk mengurangi populasi nyamuk Demam Berdarah yang saat ini sudah menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kabupaten Lombok Barat dengan program 3M yakni menutup, menguras dan mengubur sampah atau bejana-bejana penampungan air di rumah masing-masing.

Tentu program ini tidak akan terlaksana dengan maksimal jika tidak dimulai dari diri sendiri dan dilingkungan sekitar kita, jadi kami berharap Masyarakat khususnya di wilayah kecamatan narmada mulai hidup bersih dan saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan lingkunga. tuturnya.

Ditambahkan oleh Kepala Puskesmas Narmada, dr I Dewa Gede Ngurah Agung selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Lombok Barat, Gerakan Lounching serentak ini diinisiasi oleh PJ Bupati Lombok Barat, karna angka penderiat DBD di Kabupaten Lombok Barat sedang mengalami kenaikan sehingga menjadi status Kejadian Luar Biasa (KLB),

Status Kejadian Luar Biasa ini diberikan karna angka penderita Demam Berdarah naik signifikan selama beberapa bulan terakhir di Lombok Barat, dan adanya angka kematian yang terjadi ini menyebabkan status KLB ini diberikan.

Beliau juga menghimbau kepada warga masyarakan yang mengalami Demam tinggi agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat, imbuhnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan secara simbolis melakukan insfeksi ke rumah warga di Dusun Suranadi Utara Desa Suranadi guna mengecek potensi tempat berkembang biaknya nyamuk Demam berdarah.

(PPIDDesaSuranadi)